Pengertian Dan Fungsi Company Profile

Daftar Isi
Pengertian Dan Fungsi Company Profile

Berikut pengertian dan fungsi company profile. “Tak kenal, maka tak sayang”, itulah sebuah pepatah yang sering Kita dengar. Tidak hanya untuk manusia, pepatah itu juga berlaku untuk perusahaan. Lalu, bagaimana cara perusahaan itu dapat dikenal oleh khalayak umum? Salah satu jawaban untuk mengatasinya adalah melalui Company Profile.

Namun, tidak sedikit juga perusahaan yang tidak mementingkan company profile. Mereka berfikir bahwa kualitas barang atau jasa yang mereka jual sajalah cukup untuk dapat menarik khalayak umum. Tapi, bagaimana barang atau jasa tersebut dapat terjual dengan laris jika hanya sedikit masyarakat yang mengenalnya?

Pengertian Company Profile

Berangkat dari fenomena tersebut, jadi apa sih sebenarnya definisi dari company profile dan apa saja manfaat yang dapat diperoleh oleh perusahaan?

Secara umum, company profile adalah sebuah gambaran umum mengenai suatu perusahaan dan produk atau jasa yang ditawarkannya. Di dalamnya terdapat informasi-informasi detail yang dapat mencerminkan kualitas barang atau jasa yang tersedia. Oleh karena itu, company profile menjadi hal penting untuk sebuah perusahaan.

Tanpa disadari, semua perusahaan telah mempunyai company profile. Dengan mempunyai nama atau brand tersendiri, perusahaan itu sudah mempunyai company profile. Karena, pada dasarnya, company profile adalah identitas dari sebuah perusahaan.

Selayaknya manusia, perusahaan baik kecil, menengah, ataupun besar memperoleh identitasnya walaupun hanya dengan sebuah nama. Jadi company profile sebenarnya sudah melekat pada perusahaan tersebut. Tapi, bukan hanya namanya saja, para pembeli lebih membutuhkan informasi yang mendetail tentang barang atau jasa yang ditawarkan.

Company profile atau yang lebih dikenal sebagai profil perusahaan adalah gambaran singkat mengenai informasi dasar perusahaan, perkembangan dan pencapaian perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, serta keunikan dan keuntungan yang dimilikinya.

Jadi company profile adalah suatu bentuk perkenalan professional dari sebuah perusahaan tentang keberadaan bisnis yang dijalankannya kepada masyarakat luas. Dalam sebuah company profile, harus terdapat gambaran umum dari perusahaan tersebut.

Isi Company Profile

Di bagian awal dalam company profile harus terdapat logo. Karena dengan logo tersebut, masyarakat dapat mengetahui identitas awal dari perusahaan tersebut. Setelah itu, hal yang wajib adalah tentang perusahaan yang terdiri dari tahun berdirinya, para pendiri, latar belakang pendirian perushaan, dan berbagai informasi umum lainnya.

Selain profil dari perusaannya, informasi barang atau jasa yang ditawarkan menjadi hal yang mutlak harus ada di dalam company profile. Dalam company profile, pihak perusahaan juga boleh menambahkan alasan kenapa para pembeli harus membelinya dengan menonjolkan kelebihannya.

Oleh karena itu, dengan company profile, calon pembeli dapat mengetahui barang tau jasa apa yang terdapat pada perusahaan tersebut, bagaimana kredibilitas perusahaannya, serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari perusahaan tersebut.

Selain itu, hal yang tidak boleh tertinggal adalah kontak, alamat, nomor telepo, email, serta berbagai akun media dari perusahaan tersebut. Jadi, ketika ada calon pembeli yang tertarik, mereka dapat menghubungi secara langsung.

Fungsi Company Profile  

Setelah kita membahas panjang lebar mengenai apa itu company profile dan apa saja yang terdapat di dalamnya. Lalu, seberapa siginifikankah manfaat dari company profile untuk perusahaan tersebut? Mari kita simak fungsinya berikut ini:

Sebagai media pengenalan dan branding

Seperti kita tahu bahwa dalam company profile terdapat informasi-informasi detail dari sebuah perusahaan, maka melalui company profile, masyarakat akan lebih mengenal perusahaan tersebut dan barang atau jasa yang ditawarkannya.

Sebagai alat marketing

Melalui informasi yang tertulis dalam company profile, secara tidak langsung pihak perusahaan sedang menjalankan strategi marketingnya dan meyakinkan bahwa produk dan jasa yang ditawarkannya mempunyai kualitas dan brand tersendiri.

Sebagai alat representasi dari perusahaan

Dalam sebuah company profile, baik dalam web ataupun brosur, terdapat logo, visi dan misi, dan foto dari produk dari perusahaan yang sedang menawarkannya. Oleh karena itu, brosur tersebut dapat merepresentasikan kepada pembeli tentang produk yang akan dibelinya.

Sebagai materi publikasi dalam sponsorship event

Dalam sebuah kegiatan sponsorship event, pihak pengiklan memerlukan gambaran-gambaran umum dan kontak dari barang yang sedang diiklankannya. Dengan company profile, pihak pengiklan dapat mengiklankan produk tersebut dengan menggunakan informasi-informasi yang terdapat di dalamnya.

Posting Komentar